Mengenal virus komputer PC Worm, Trojan, Malware

Di era modern kini, virus komputer atau laptop sering menjadi bahan pembicaraan dikalangan anak muda. Tak dapat dipungkiri bahwa virus menjadi musuh utama komputer atau laptop. Virus komputer adalah program perangkat lunak kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer. Seperti contoh adalah Worm, Trojan, Brontok D, dan lain-lain.
Berikut ini perbedaan dari virus, worm, dan malware:

Worm
Worm adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut.

Trojan
Trojan adalah replika atau duplikat virus. Trojan dimasukan sebagai virus karena sifat program yang tidak diinginkan dan bekerja dengan sendirinya pada sebuah computer. Sifat trojan adalah mengkontrol computer secara otomatis. Misalnya computer yang dimasuki trojan email. Trojan dimasukan dalam RATS (remote administration tools) dimana sebuah computer dikontrol oleh program tertentu, bahkan beberapa trojan difungsikan membuka computer agar dapat dimasuki oleh computer dan diaccess dari jauh dan memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Malware
Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem. Contoh dari malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit .

Pencegahan PC agar tidak terserang virus:
1. Hati-hati pada attachment email. 
2. Gunakan software keamanan yang terbaru.
3. Jangan gegabah menginstall software.
4. Awasi orang lain yang memakai komputer anda.
 
Perbaikan PC yang terserang virus :
1. Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network.
2. Update anti virus dan Scan dengan teratur PC anda.
3. Format Harddisk Jika Tidak Ada Jalan Keluar.

Sumber : wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Flag counter

Flag Counter
Simple is good

Popular Posts

About Me