Pencuri ATM Bank dengan skimmer (penipuan dengan Cloning ATM card)


        Di era modern saat ini, kita dapat dengan mudah mengambil uang di suatu mesin yang kita sebut dengan ATM bermodalkan dengan sebuat kartu, atgau kita dapat membeli suatu barang dengan hanya menggesekkan sebuah kartu kredit atau dikenal dengan credit card. Tapi tahukah kita bahwa perkembangan teknologi ini juga berdampak negatif. Nampaknya perkembangan teknologi ini dianggap sebagai suatu kesempatan emas bagi para hacker. Mereka memanfaatkan keberadaan kartu ATM maupun credit card untuk melakukan penipuan yang tidak mudah ditelusuri jejaknya. Dengan perangkat yang dikenal dengan skimmer, para hacker dapat dengan mudah mengeruk keuntungan yang sangat besar.

Kloning kartu ATM
        ATM kloning adalah penipuan kartu di mana data korban kartu ATM yang telah dibaca oleh  perangkat skimmer dan kamera pengintai nirkabel yang merekam PIN korban digandakan oleh hacker pada kartu kosong menggunakan card cloning. Kartu hasil kloning akan memiliki data yang sama persis dengan kartu aslinya.
 
Skimmer pada ATM
        Skimmer adalah alat yang dapat menyalin seluruh data dari ATM kemudian mentransfernya ke dalam kartu lain yang  kosong (blank card). Saat nasabah melakukan transaksi dengan mesin ATM yang telah dipasang Skimmer, secara otomatis alat ini akan menyalin seluruh data dari kartu ATM nasabah.
        Hacker biasanya menempatkan alat skimmer miliknya yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terlihat dan nasabah akan menganggapnya tidak ada yang ganjil. Tidak hanya skimmer saja, ada pula alat yang berpasangan dengan skimmer ini yaitu sebuah kamera kecil (spy cam) yang tertuju ke keyboard yang ada di ATM yang digunakan untuk merekam data ID atau PIN yang ada di kartu ATM sang korban (nasabah). Spycamp atau kamera tersembunyi ini memang sekilas tidak terlihat biasanya ditempatkan tidak jauh dari mesin ATM. Saat nasabah melakukan transaksi dengan mesin ATM yang telah dipasang Skimmer, secara otomatis alat ini akan menyalin seluruh data dari kartu ATM si nasabah. Kamera pengintai biasanya diletakkan di dekat keyboard penekan, sehingga saat nasabah menekan tombol pinnya, maka akan termonitor dan terekam sehingga hacker dapat memiliki data dari kartu ATM nasabah sekaligus nomor PIN-nya. Kemudian, hacker dengan sangat mudah dapat menggunakan kartu hasil kloning dan PIN nasabah untuk menguras habis isi rekening nasabah tersebut.
Kiat menghindari penipuan ATM melalui perangkat skimmer adalah sebagai berikut:
1.      Amankan selalu nomor pin anda.
2.      Teliti dengan seksama mesin ATM yang akan digunakan
3.      Upayakan untuk mengakses ATM yang ada di dalam bank atau di lokasi yang ramai
4.    Jangan pernah meninggalkan kartu atm anda di mesin bila sewaktu-waktu macet dan tidak mau keluar
Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan kartu ATM anda. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Flag counter

Flag Counter
Simple is good

Popular Posts

About Me